Jumat, 17 September 2010

Perkembangan Teknologi Informasi

Perkembangan Teknologi Informasi

Sejarah Teknologi Informasi
Mulai Zaman pra-sejarah sampai sekarang ilmu pengetahuan terus berkembang, terutama perkembangan teknologi informasi. Sejarah teknologi informasi dapat di bagi dalam 3(tiga) klasifikan :
1. Natural atau Manual
• yaitu teknologi/ peralatan yang sistem kerjanya menggunakan tenaga tangan manusia sepenuhnya
Contoh :
a. Zaman Purba:
~ Goresan/gambar pada batu, goa
b. Cina/Mesir/Romawi:
~ Media: lempung, kertas
~ Alat: abacus/suan pan, jari tangan
c. Abad 17-18:
~ Napier’s bones
~ Slide rule
2. Mekanik
• yaitu teknologi/ peralatan yang berbentuk mekanik tetapi masih digerakkan oleh tenaga tangan manusia, meskipun lebih canggih dan maksimal hasilnya
Contoh :
- Pascaline [Blaise Pascal, 1642]
- Difference & Analytical Engine [Charles Babbage, 1830]
- Kartu perforasi [Hollerith, 1889]
- yang berfungsi untuk mempercepat perhitungan sensus di USA
3. Elektronis
• yaitu teknologi/ peralatan yang bekerja secara elektronik yang tersusun atas komponen-komponen elektronik
Contoh :
Perkembangan computer yang berkembang begitu pesat mulai dari generasi ke-1 s/d generasi ke-6 dengan perbedaan mencolok dilihat dari ukuran/bentuk serta kemampuan kinerja maksimal yang dimiki computer. Disini akan saya berikan sedikit ulasan tentang computer dari generasi ke generasi, sebagai berikut :
1. Komputer Generasi I
• Komputer pertama di dunia bernama ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) yang memiliki struktur terdiri dari 17.468 tabung hampa, 7.200 diode, 70.000 resistor, 10.000 capasitor, memiliki Luas: 63m2 , Bobot: 27ton dan membutuhkan power 150 kW dan hanya mampu mengerjakan Instruksi: 300 perkalian/menit serta 5000 penjumlahan (10 digit)/menit
2. Komputer Geneasi II
• Computer pada generasi ini mulai menggunakan transistor di komputer (1956) serta menggunakan bahasa assembly untuk menggantikan bahasa mesin. Kapasitas memori utama computer sudah cukup besar sampai puluhan ribu karakter.
• Pada generasi ini beberapa bahasa pemrograman tingkat tinggi mulai bermunculan, seperti Common Business-Oriented Language (COBOL), Formula Translator (FORTRAN), Algorithmic Language (ALGOL)
3. Komputer Generasi III
Walaupun transistor pada generasi ke-dua dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini.Jack Kilby seorang insinyur di Texas Instrument,mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC: integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa
Pada perkembangan berikutnya para ilmuwan berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang berfungsi untuk memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
Pada Tahun 1971 diciptakan sebuah Mikroprosesor, ini merupakan microprosesor pertama yang dibuat (Intel 4004 Microprocessor )

4. Komputer Generasi IV
Setelah lahirnya IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik.Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an,Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukuran setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer.Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan juga kehandalan komputer.
Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yangs angat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik.
5. Komputer Generasi sekarang
Komputer yang beredar di pasaran atau yang kita gunakan sehari-hari dan computer modern lain merupakan anggota dari perkembangan computer generasi IV, jadi untuk generasi V dan VI kita masih hanya dapat meramalkan dan menganalisa meskipun sulit untuk membayangkan setelah apa yang telah ada saat yang begitu serba canggih, tapi dari tidak mustahil bila computer generasi berikutnya dapat dibuat mengingat dahulu manusia juga hanya dapat membayangkan bahwa computer itu akan tercipta jadi tidak mustahil untuk berkembangnya computer generasi ke V dan VI yang super canggih dan efisien atau bahkan bisa berkomunikasi dengan manusia.
>> Komputer diklasifikasikan menjadi 5 (Lima) yaitu sebagai berikut :
1. Supercomputer
• Komputer dengan mesin berkapasitas tinggi yang terdiri dari ratusan sampai ribuan processor yang dapat melakukan perhitunga 1 triliun per detik.
• Biasanya digunakan untuk weather forecasting, Missile simulations, Nuclear Fusion simulations, dll.
• Contoh : IBM ASCI White or Cray
2. Mainframe
Water- or air-cooled komputer yang ukurannya bervariasi dari kecil, sedang, sampai besar, sesuai kebutuhan pengguna.
Contoh : IBM AS/400

3. Workstation
• Mahal, kemampuan computer ini biasanya digunakan untuk complex scientific, mathematical, dan engineering calculations juga untuk computer-aided design dan computer-aided manufacturing.
• Contoh : Sun blade 2500

4. Microcomputer
• Komputer umum yang sering kita gunakan dan jumpai (komputer desktop)
• Laptop (komputer portable)
• PDA (Personal Digital Assistant)

5. Microcontroller
• Komputer kecil di single IC berisi sebuah processor core, memory, dan programmable input/output peripherals


Sekian dulu posting saya tentang pembahasan Perkembangan Teknologi Informasi, semoga bermanfaat. Amiin ……..

0 komentar:

Posting Komentar